Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Musyawarah Pembahasan Dan Penetapan RKPDes Tahun Anggaran 2023 Desa Pananggungan

KIMLANCARAN.WEB.ID, Pananggungan - Rencana Kerja Pemerintah Desa atau yang biasa disebut sebagai RKPDes telah dilaksanakan oleh Aparatur Desa Pananggungan, berlokasi di Balai Desa dan dihadiri langsung oleh Camat Guluk-Guluk, Bapak Muhammad Rais. Selasa (30/08/2022)

Dalam musyawarah ini peserta wanita harus mencapai minimal 30% dari keseluruhan undangan. Undangan meliputi pihak kecamatan, BPD (Badan Pengawas Desa), aparatur, staf, dan operator desa, tokoh masyarakat dalam berbagai bidang; keagamaan, pemuda, dan wanita.
Bapak Rais menyampaikan bahwasanya kepala desa telah memiliki rencana apa saja pembangunan yang akan dilaksanakan selama menjabat, dan rencana tersebut di cicil tiap tahun melalui RKPDes ini untuk mewujudkannya.

Musyawarah dipimpin BPD, bapak Annas yang meliputi empat bidang: Satu, Bidang Penyelenggaraan Pemerintah Desa, meliputi pembangunan Tugu Batas Desa dan penambahan Operator administrasi desa. Dua, Bidang Pembangunan Desa, meliputi pengaspalan jalan 1000 x 2,5 m di Dusun Berek Leke dan 500 m x 2,5 m di Dusun Temor Leke, pelaksanaan Posyandu selama satu tahun, mobil siaga desa, dan insentif guru ngaji.

Tiga, Pembinaan Kemasyarakatan, meliputi pelatihan dan pembinaan TP PKK Desa Pananggungan dan pelatihan kapasitas SDM perangkat desa. Empat, Pemberdayaan Masyarakat, meliputi pelatihan pertanian. Hal ini disebabkan oleh mayoritas profesi penduduk Desa Pananggungan sebagi petani.

Sebelum pengesahan hasil musyawarah, Bapak Rais menerangkan bahwa usulan-usulan tersebut ditetapkan oleh BPD sebagai perwakilan suara masyarakat,  "usulan ini diusulkan oleh kedua kepala dusun (apel dalam sebutan lumrah masyarakat), aparatur desa tidak bisa komplein masalah ini sebab ini memang hasil musyawarah apel dengan rakyatnya tentang apa saja yang mereka butuhkan di dusun masing-masing" jelasnya. (nafis_KIMLANCARAN)
 

Posting Komentar untuk "Musyawarah Pembahasan Dan Penetapan RKPDes Tahun Anggaran 2023 Desa Pananggungan"