Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tingkat Kehadiran Posyandu September Ini Menurun

KIMLANCARAN.WEB.ID, Pananggungan - Posyandu dan Posbindu yang merupakan kegiatan pelayanan dan penyuluhan kesehatan gratis tiap bulan telah dilaksanakan untuk bulan September ini. Kamis (08/09/2022)

Posyandu dan Posbindu ini berlokasi di kediaman Ibu Muq dan beralamat di Dusun Berek Leke, Desa Pananggungan, Guluk-guluk. Sedangkan untuk Dusun Temor Leke telah dilaksanakan seminggu yang lalu, tepat pada hari Kamis, 1 September 2022 dan berlokasi di Balai Desa Pananggungan, seperti biasa.

Berbeda dari pelaksanaan Posyandu dan Posbindu sebelumnya, untuk bulan September ini kehadiran sasaran (masyarakat) berkurang. Hal ini disebabkan oleh kesibukan masyarakat yang telah memasuki musim panen tembakau. Sebab, dalam proses panen tembakau terbagi menjadi beberapa tahap: memetik daun tembakau dari sawah, mendiamkannya selama tiga hari untuk memperoleh daun matang (menguning), sortasi (memisahkan dan memilih daun yang matang dari yang busuk), perajangan, pengeringan selama dua hari, dan terakhir pembungkusan.

Seperti yang terjadi pada bulan September ini, cuaca yang tidak menentu (panas terik yang sering tiba-tiba berubah mendung dan gerimis) menyebabkan masyarakat yang melakukan pengeringan tembakau harus siaga di rumah karena menghawatirkan tembakau akan gagal kering dan menghitam jika terkena air hujan. Kesibukan masyarakat dalam masa panen ini berimbas pada tingkat kehadiran Posyandu dan Posbindu yang menurun, mengingat bahwa mayoritas profesi masyarakat Desa Pananggungan adalah petani.

Naimah selaku kader kesehatan Posyandu Dusun Berek Leke menyampaikan penurunan kehadiran masyarakat dalam pelaksanaan Posyandu dan Posbindu. "Iya, memang berkurang, tapi tidak begitu drastis. Hanya berkurang 30% dari kedatangan biasanya", jelasnya saat diwawancara. (nafis_KIMLANCARAN)
 

Posting Komentar untuk "Tingkat Kehadiran Posyandu September Ini Menurun"