Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekapitulasi Hasil Survei Kebutuhan Dan Harapan Masyarakat Pananggungan Terhadap Puskesmas Guluk-Guluk

KIMLANCARAN.WEB.ID, Pananggungan - Setelah Kader Kesehatan Desa Pananggungan melaksanakan survei mandiri dengan jumlah responden 40 orang dengan masing-masing dusun sebanyak 20 orang. Responden ini dipilih dari masyarakat Desa Pananggungan yang memiliki balita, sebab beberapa poin survei yang ditanyakan berkaitan tentang masalah imunisasi dan kegiatan Posyandu. Rabu (30/11/2022)

Setelah hasil survei terkumpul, dilakukan penghitungan bersama, menganalisa akar masalah, dan mencari solusi bersama secara musyawarah. Seperti masalah rendahnya cakupan imunisasi di Desa Pananggungan yang berdasarkan hasil survei, disebabkan oleh kekhawatiran pihak keluarga bahwa balita yang telah di imunisasi akan sakit sebagai respon terhadap imunisasi tersebut. Sebab itulah, terdapat banyak kasus balita tidak mendapat izin bahkan ditentang pihak keluarga untuk melakukan imunisasi.

Selain permasalahan imunisasi, poin terpenting dalam survei kali ini adalah pelaksanaan posyandu yang monoton dari tahun ke tahun. Dimana pelaksanaan posyandu hanya melakukan penimbangan berat badan, tinggi badan, pemberian PMT, dan pulang. Hasil musyawarah mengenai hal ini adalah mengadakan pelatihan kader tentang tumbuh kembang balita yang bisa dipantau selain BB dan TB, pengusulan APE (Alat Permainan Edukatif) ke desa, dan kader harus lebih kreatif dalam mengemas pelaksanaan posyandu.

"Kita harus mengadakan pelatihan kader tentang tumbuh kembang, soalnya memang ada anggaran desa sebesar tujuh juta untuk pemberdayaan kader dan memang belum digunakan," ucap Ibu Indah Perwitasari selaku Bidan Desa Pananggungan. (nafis_KIMLANCARAN)
 

Posting Komentar untuk "Rekapitulasi Hasil Survei Kebutuhan Dan Harapan Masyarakat Pananggungan Terhadap Puskesmas Guluk-Guluk"