Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kesehatan Reproduksi; Topik Sekolah Pra-Nikah Part 8

KIMLANCARAN.WEB.ID, Guluk-Guluk - Sekolah Pra-Nikah yang diadakan oleh Pokja Guluk-Guluk dan Biro Pengabdian Masyarakat Pondok Pesantren Annuqayah setiap Kamis di Perpustakaan SMA 3 Annuqayah telah mencapai topik pembahasan tentang salah satu fase urgent dalam pernikahan, yaitu kesehatan reproduksi dan kehamilan. Kamis (8/12/2022)

Pertemuan kali ini diisi oleh ibu Vivin Farianti, salah satu Bidan Puskesmas Guluk-Guluk. Beliau menjelaskan tentang beberapa penyebab gangguan menstruasi tidak lancar, seperti hormon, kekurangan gizi, dan stress.

Beliau juga menyampaikan bahwa kesehatan reproduksi tidak hanya berkaitan tentang kondisi fisik, tapi juga mencakup kesehatan mental dan spiritual. Beberapa poin penting yang beliau sampaikan dalam pertemuan ini adalah perlunya membatasi peletakan gadget di area sekitar alat vital untuk menghindari paparan radiasi yang terlalu dekat.

Selain itu, beliau juga menjelaskan tentang pentingnya penggunaan KB, terutama bagi pengantin baru yang belum merasa siap untuk menjadi orang tua. Ada tiga KB yang dianjurkan untuk pengantin baru, yaitu kondom, suntik KB tiap bulan, atau Pil KB yang harus diminum setiap hari. "KB tradisional yang sering dipakai beberapa masyarakat adalah jamu dan pijat di area perut. Hal seperti ini tidak dianjurkan oleh medis dan fakta di lapangan juga banyak yang gagal. Jadi saya sarankan jangan melakukan hal-hal semacam ini", jelas beliau. (nafis_KIMLANCARAN)
 

Posting Komentar untuk "Kesehatan Reproduksi; Topik Sekolah Pra-Nikah Part 8"