Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Merawat Pernikahan, Topik Sekolah Pra-Nikah Part 9

 KIMLANCARAN.WEB.ID, Guluk-Guluk - Sekolah Pra-Nikah yang diadakan oleh Pokja Guluk-Guluk dan Biro Pengabdian Masyarakat Pondok Pesantren Annuqayah setiap Kamis di Perpustakaan SMA 3 Annuqayah telah mencapai topik pembahasan tentang beberapa tips merawat pernikahan dari berbagai masalah dan cobaan. Kamis (15/12/2022)

Pemateri pertemuan hari ini adalah Ny. Fadhilah Hunaini yang merupakan pengasuh PPA. Lubangsa Utara dan Dosen di Kampus Tatakrama, INSTIKA.

Ny. Fadhilah menyampaikan bahwa Islam sangat tidak menganjurkan umatnya hidup sendiri, atau yang biasa disebut menjomblo. Sebab hanya Allah SWT yang berdiri sendiri dan tidak butuh pada siapapun dan apapun. Sedangkan makhluk, seperti manusia, kodratnya adalah saling membutuhkan. Beliau memberikan contoh, ibadah yang paling sering dilakukan seperti halnya sholat saja, syariat lebih menganjurkan dilakukan secara berjamaah daripada sendiri.

Adapun tips merawat pernikahan pertama yang disampaikan beliau adalah pernikahan yang bisa dirawat adalah pernikahan yang baik dengan dasar niat yang baik pula. Dengan artian bahwa, niat pernikahan harus ditujukan kepada Allah SWT, bukan pada manusia meskipun ia sangat dicinta. Sebab, manusia bisa berubah dan mengecewakan di kemudian hari. Seperti dawuh Gus Baha' yang disampaikan beliau sebagai quote, "Jika kau memulai karena Allah, jangan menyerah karena manusia."

Selain niat, beliau juga menyampaikan bahwa pasangan harus memiliki komitmen untuk berjuang dan bertahan bersama, terlepas dari seberapa buruk permasalahan yang dihadapi. Beliau juga menekankan bahwa pernikahan akan selalu rawan dan penjaganya adalah kejujuran. Seperti jujur tentang perasaan dan keinginan masing-masing, atau saling terbuka tentang isi dan pasword ponsel masing-masing.

"Gangguan pernikahan adalah orang lain, tidak hanya dalam artian selingkuh, tapi bisa juga berupa perbedaan persepsi tentang kebahagiaan dan finansial orang lain. Intinya, kalian jangan selalu mendengarkan pendapat orang lain, tapi buatlah komitmen sendiri yang paling sesuai dengan kondisi kalian dan pasangan kalian. Karena yang paling tahu tentang pasangan kalian adalah kalian sendiri." jelas beliau di akhir pertemuan. (Nafis_KIMLANCARAN)

Posting Komentar untuk "Merawat Pernikahan, Topik Sekolah Pra-Nikah Part 9"