Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inovasi Pelayanan Posyandu Di Tahun Baru

KIMLANCARAN.WEB.ID, Pananggungan - Memasuki tahun 2023, Posyandu di Desa Pananggungan, Guluk-Guluk tetap dilaksanakan di tanggal-tanggal muda seperti biasa. Seperti Posyandu untuk Dusun Temor Leke yang tetap berlokasi di Balai Desa mulai jam 09.00 WIB - 11.30 WIB. Ahad (08/01/2023)

Untuk tahun 2023 ini, sasaran Posyandu berkurang dari tahun sebelumnya yang berjumlah 37 menjadi 33 balita. Berkurangnya sasaran ini disebabkan oleh beberapa faktor; beberapa balita pindah domisili mengikuti orang tuanya, atau kebanyakan balita sudah mencapai usia 60 bulan dan beralih status menjadi anak-anak.

Selain jumlah sasaran yang berkurang, pemberian PMT (Pemberian Makanan Tambahan) balita yang bersedia hadir ke Posyandu kali ini lebih spesial dari PMT Posyandu sebelum-sebelumnya. Dimana PMT Posyandu sebelumnya, Kader biasa membeli makanan olahan di pasar atau kepada masyarakat sekitar yang memiliki usaha UMKM di bidang kuliner, seperti Kue Lapis atau gorengan lokal yang biasa disebut Bulut. Sedangkan untuk PMT kali ini adalah kolak pisang dan kacang hijau yang dimasak sendiri oleh Kader Posyandu Dusun Temor Leke.

Keputusan untuk membuat dan memasak PMT sendiri ini sudah menjadi wacana sejak dulu untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan kepada Masyarakat. Dengan anggapan bahwa, PMT yang dimasak sendiri akan lebih terjamin ke higienisannya.

"Untuk awal tahun ini, ibu hamil di Dusun Temor Leke masih berjumlah dua orang dan selalu kami pantau perkembangannya," ucap Ibu Indah Perwitasari selaku Bidan Desa Pananggungan. (nafis_KIMLANCARAN)
 

Posting Komentar untuk "Inovasi Pelayanan Posyandu Di Tahun Baru"