Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ELSIMIL; Aplikasi Pemantauan Risiko Stunting

KIMLANCARAN.WEB.ID, Guluk-Guluk - Dalam pelatihan Tim Pendampingan Keluarga yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep bersama Kader PKK, Kader Posyandu, dan Bidan Desa Se-Kecamatan Guluk-Guluk di Balai Pertanian Guluk-Guluk, dikenalkan sebuah aplikasi kesehatan yang akan menjadi program jangka panjang untuk mendeteksi risiko stunting. Senin (27/06/2022)

Aplikasi ini bernama ELSIMIL yang bisa diakses dan didownload dengan mudah di Play Store. Aplikasi ini memuat informasi persiapan hamil untuk mencegah stunting pada 1000 hari pertama; persiapan pra nikah, persiapan kehamilan, kesehatan reproduksi, kontrasepsi, dan edukasi pencegahan kanker. Selain itu, pengguna dapat melakukan konsultasi via chat aplikasi dengan kader kesehatan, kader PKK, dan Bidan Desa dalam aplikasi ini.

Untuk bisa mengakses aplikasi ini, masyarakat perlu login dengan nama asli sesuai KTP, bukti foto KTP, dan nomor telepon aktif. Selain berisi data kesehatan, aplikasi ini juga mendeteksi risiko sakit dan meberikan informasi dan hal-hal yang perlu dilakukan untuk mencapai kesehatan maksimal.

Untuk sementara ini, aplikasi ELSIMIL ini masih diperkenalkan dan digunakan oleh calon pengantin untuk mendeteksi kesehatan mereka dan mencegah risiko stunting. Untuk calon pengantin, keduanya harus sama-sama mempunyai akun ELSIMIL dan dapat digabungkan menjadi akun pasangan yang didaftarkan oleh Petugas KB Kecamatan Guluk-Guluk.

"ELSIMIL ini akan kami ajukan kerja sama dengan KUA, sebagai salah satu syarat perizinan menikah. Jika status calon pengantin sehat, maka ia akan mendapatkan sertifikat kesehatan yang menyatakan bahwa calon pengantin tersebut sehat dan siap untuk menikah dan memiliki anak. Sertifikat ini bisa langsung di download dari aplikasi tersebut", jelas pak Hendra Eka selaku pemateri. (Nafis_KIMLANCARAN)
 

Posting Komentar untuk "ELSIMIL; Aplikasi Pemantauan Risiko Stunting"