Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Program Verval Lapangan Dinas Kesehatan Sumenep Bersama PKK dan Kader Kesehatan Desa Se-Kecamatan Guluk-Guluk

KIMLANCARAN.WEB.ID, Guluk-Guluk - Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep mengadakan verval (pendataan verifikasi) kesehatan keluarga tingkat desa yang melibatkan kader PKK, kader Posyandu, dan Bidan Desa. Kegiatan ini berlangsung di auditorium Balai Penyuluhan Pertanian Guluk-Guluk. Senin, 27 Juni 2022.

Verval ini merupakan kegiatan survei, sosialisasi, dan penyuluhan pendamping keluarga berisiko stunting. Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita (bayi di bawah 5 tahun) akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya.

Dalam pelatihan ini, peserta pelatihan mendapatkan kertas survei dengan beberapa kolom yang perlu di isi untuk mendeteksi risiko stunting dalam setiap KK. Beberapa kolom tersebut berisi data kepala keluarga, status domisili keluarga, memiliki balita atau ibu hamil, fasilitas lingkungan tidak sehat; status sumber air minum dan jamban, PUS terlalu; istri terlalu tua/muda, jarak kehamilan terlalu dekat, dan jumlah anak yang terlalu banyak (lebih dari dua).

"Alangkah lebih baiknya, ketika ibu-ibu melakukan survei, sekalian berikan sosialisasi dan penyuluhan kepada sasaran. Selayaknya menyelam sekaligus minum air, agar survei di dapat dan pemahaman keluarga sasaran akan risiko stunting juga didapat", ucap Bapak Hendra Eka di akhir materi. (Nafis_KIMLANCARAN)
 

Posting Komentar untuk "Program Verval Lapangan Dinas Kesehatan Sumenep Bersama PKK dan Kader Kesehatan Desa Se-Kecamatan Guluk-Guluk"