Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyuluhan Kanker Mulut Rahim & Kanker Payudara

KIMLANCARAN.WEB.ID, Pananggungan -  Ada yang berbeda dalam pelaksanaan posyandu bulan ini di Desa Pananggungan, yaitu adanya penyuluhan dan penjaringan kanker payudara dan kanker mulut rahim oleh bidan Puskesmas Guluk-guluk. Kamis (7-7-2022)

Jika pada posyandu biasanya setelah masyarakat melakukan pemeriksaan kesehatan, mendapatkan obat dan konsumsi lalu pulang, pada kali masyarakat diminta kesediaanya untuk berkumpul seraya mendengarkan penyuluhan tentang penyakit urgent ini.

Salah satu alasan diadakannya penyuluhan adalah untuk memberi pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat untuk mengenali gejala-gejala awal kedua penyakit ini. Seperti gejala awal kanker payudara yaitu munculnya benjolan pada area payudara dan gejala awal kanker mulut rahim adalah keputihan terus menerus dan berbau amis.

Erna Susilowati selaku pemateri juga menyampaikan bahwa alasan diadakannya penyuluhan ini sebab kedua jenis kanker tersebut sudah marak dan mulai lumrah menjangkit masyarakat. Beliau juga menyampaikan bahwa salah satu penyebab tumbuhnya kanker adalah sering mengkonsumsi makanan mengandung Karsinogenik yang terdiri dari 4P yaitu: pengawet, pewarna, penyedap rasa, dan pengenyal.

"Jadi jangan takut dan malu untuk cek kesehatan ke Puskesmas. Untuk cek kanker mulut rahim tiap tahun dan cek kanker payudara tiap bulan ke Puskesmas. Cek up ini juga bisa menggunakan BPJS, jadi ibu-ibu tidak perlu hawatir masalah biaya", ucap beliau di akhir penyuluhan. (Nafis_KIMLANCARAN)
 

Posting Komentar untuk "Penyuluhan Kanker Mulut Rahim & Kanker Payudara"