Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seminar Meraih Bintang Dengan Al-Qur'an Posko 19 KKN Integratif INSTIKA

KIMLANCARAN.WEB.ID, Bragung - Sebagai salah satu program kerja utama Posko 19 KKN Integratif INSTIKA di Desa Bragung untuk membina dan membentuk generasi hafidz, diadakanlah seminar ketahfidzan di Aula SMK Al-Hidayah. Jum'at (05/08/2022)

Seminar ini dihadiri oleh seluruh siswa MTs dan SMK Al-Hidayah, ibu Fairuzah, S.Th.I., MA. selaku DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) Posko 19, dan Ustadz Fairuzzabadi, S. Ag. selaku pemateri seminar. Beliau adalah seorang Hafidz 30 Juz dan merupakan masyarakat Desa Bragung sendiri, yang beralamat di Dusun Lengkong. Beberapa hal yang disampaikan beliau diantaranya adalah alasan keharusan menghafal Al-Qur'an yang mencakup empat hal: keistimewaan Al-Qur'an, hukum menghafalkannya, manfaat, dan pengaruh positif dari menghafal Al-Qur'an.

Adapun pembahasan tentang keistimewaan Al-Qur'an, Ustadz Fairuzzabadi menyampaikan bahwa Al-Qur'an yang merupakan Kalam Qadim tidak pernah dirasa bosan meski dibaca berulang kali, tidak seperti ketika membaca buku atau novel yang akan bosan ketika dibaca dua atau tiga kali. Selain itu, salah satu keistimewaan Al-Qur'an adalah sebagai syifa' (obat) untuk fisik dan hati. Bahkan beliau menyarankan kepada peserta untuk membaca Al-Quran ketika sedang resah atau galau dalam istilah anak muda saat ini. Sebab ketika galau, dan dialihkan untuk mendengarkan lagu-lagu galau, tingkat kegalauan akan semakin meningkat.

Ustadz Fairuzzabadi juga menyampaikan hukum menghafalkan Al-Qur'an adalah fardhu kifayah menurut jumhur ulama serta manfaat menghafal Al-Qur'an adalah akan mendapat syafa'at di akhirat, "jika kalian menjadi seorang hafiz, kalian akan diberi mahkota dan masuk surga bersama kedua orang tua, pasangan, dan keturunan. Ini akan sangat membahagiakan dan membanggakan, melebihi kebahagiaan ketika kalian mendapatkan gelar Tauladan dan dianugerahi ke atas panggung bersama kedua orang tua", jelas beliau dengan penuh semangat. (nafis_KIMLANCARAN)
 

Posting Komentar untuk "Seminar Meraih Bintang Dengan Al-Qur'an Posko 19 KKN Integratif INSTIKA"